Bukan Ponsel, Apple Justru Kepincut Bikin Laptop Layar Lipat

Rabu, 12 Juli 2023 | 19:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Saat ini ponsel layar lipat atau foldable memang tengah menjadi gadget yang banyak diburu. Tidak heran, banyak perusahaan smartphone pun berlomba-lomba mengeluarkan ponsel layar lipat.

Meski demikian, ada salah satu brand smartphone yang nampaknya engggan mengeluarkan ponsel layar lipat, yakni Apple. Tapi, alih-alih berencana untuk membuat ponsel layar lipat, Apple nampaknya lebih tertarik untuk membuat laptop dengan layar lipat.

Sebagaimana dilansir dari GSM Arena, Apple sedang mengerjakan laptop layar lipat yang akan diluncurkan pada tahun 2026 mendatang. Bahkan dikatakan raksasa teknologi itu sudah berdiskusi dengan pemasok.

Laptop layar lipat memang bukan hal baru, ASUS sudah jauh lebih dulu menghadirkan laptop layar lipat. Sayangnya, penjualan laptop layar lipat nampaknya masih jauh dari harapan.

Meski demikian, laptop layar lipat Apple digadang-gadang akan mengkatalisasi pasar tampilan yang sekarang lesu. Terlebih isu beredar layar yang akan diusung bakal berukuran besar, di mana Apple pada proyek ini menggunakan layar dari Samsung dan LG.

Untuk diketahui, pabrikan layar asal Korea Selatan seperti Samsung Display dan LG Display telah banyak berinvestasi dalam panel OLED untuk laptop baru-baru ini, karena pasar smartphone sudah cukup jenuh.

Kedua perusahaan saat ini sedang mengkoordinasikan rencana pengembangan dan produksi untuk panel OLED yang dapat dilipat untuk laptop guna merebut hati pasar dan mengukuhkan bisnis mereka.

Sejumlah ahli menilai pesanan dari Apple pasti akan memberikan dampak besar bagi pasar yang masih kecil ini. Menurut sumber laporan, ukuran layar yang lebih besar pasti akan lebih menguntungkan bagi pembuat panel, meskipun lebih sulit untuk mencapai kerapatan piksel yang tinggi semakin besar ukurannya.

Tetap saja, layar lipat untuk laptop lebih menguntungkan daripada layar lipat untuk smartphone, jadi ini jelas akan menjadi peluang besar bagi pembuat layar untuk menghasilkan uang tambahan dalam waktu dekat. kbc10

Bagikan artikel ini: