loading...
Kategori
Energi
Mode Baca
Kurs USD-IDR
9/2/2014
11.750
IHSG
9/2/2014
5.201,59
23,97 (0,46%)
Minyak Mentah
N/A
0,00
0,00 (0,00%)
Emas
N/A
0,00
0,00 (0,00%)

Prospektif, bisnis pelumas berbahan tumbuhan

Online: Kamis, 13 Mei 2010 | 06:42 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Prospek pengembangkan penggunaan pelumas berbahan baku tumbuh-tumbuhan (Bio Lube Oil) di tanah air cukup bagus. Pemerintah berjanji akan terus mendorong pengusaha untuk memproduksinya secara besar-besaran.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Legowo mengatakan, pelumas berbahan baku tumbuh-tumbuhan telah dipergunakan di sejumlah negara Eropa, karena selain dapat mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi juga terbukti lebih ramah terhadap lingkungan. Pelumas yang beredar saat ini pada umumnya berbahan baku minyak bumi yang tidak dapat di daur ulang secara alami, sebaliknya pelumas berbahan baku tumbuhan proses daur ulang dapat lebih mudah dilakukan.

Penelitian terhadap produk Bio Lube telah dilakukan oleh peneliti-peneliti dari Lemigas ESDM, BPPT dan IPB. Beberapa jenis tumbuhan seperti, jarak pagar dan kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan baku Bio Lube Oil. “Tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan baku, antara lain jarak pagar dan sawit,” ujar Evita.

Minyak pelumas lebih ramah lingkungan ini diharapkan menjadi jawaban produk pelumas yang lebih ramah terhadap lingkungan serta mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi. kbc9

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda